Minggu, 03 Februari 2013

INOVASI PENEMPATAN KATUP (VALVE)


                Berbagai jenis katup dapat pula dibedakan dari cara penempatannya padakepala silinder. Inovasi mesin sepeda motor dilakukan untuk mengantisipasi kecepatan tinggi, penambahan tenaga output dan upaya kontruksi seringan mungkin. Ada beberapa macam inovasi katup dari segi penempatannya, yaitu :
·         Side-Valve (SV)
·         Overhead Valve (OHV)
·         Single Overhead Chamshaft (SOHC), dan yang terbaru
·         Double Over Head Chamshaft (DOHC)
Side-Valve (SV)

 
 Gambar system Side-Valve
                Pada SV atau klep samping. Cam dipasang pada poros engkol dan mendorong ke atas dan menggerakan Valve. Valve terpasang disamping piston sehingga ruang pembakaran lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk hasilkan perbandingan kompresi lebih besar dan mengurangi tenaga mesin. Tipe ini cocok untuk mesin dengan putaran rendah, biasanya dipakai di mesin industri.

Over Head Valve (OHV)
                Pada tipe ini posisi klep diantara piston dan digerakkan oleh rocker arm. Tipe ini ruang kompresinya lbih kecil, sehingga dapat menghasilkan yang tinggi dan tenaga yang dihasilkan lebih besar.       

 
gambar dari sistem OHV
Karena dilengkapi dengan batang penekan  yang panjang serta adanya rocker arm menyebabkan gerakan balik lebih besar dan juga jarak klep dan cam yang jauh menyebabkan kurang stabilnya ia pada putaran tinggi.


Single Over Head Valve (SOHC)
                Pada tipe SOHC ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam berada diatas silinder yaitu ditengahnya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam berfungsi untuk menggerakan katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin. Tipe ini Komponennya sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single over head chamshaft karena hanyya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros tunggal dikepala silinder.

Perbedan SOHC dan DOHC

Double Over Head Chamshaft (DOHC)
                DOHC adalah system poros ganda dikepala silinder. Fungsi DOHC sama dengan SOHC, bedanya terletak pada banyaknya poros cam tersebut. Pada DOHC jumlah poros camnya dua, sedangkan SOHC hanya satu. Pada tipe ini ada yang memakai rocker arm ada juga yang tidak memakai. Klep masuk dan klep buang dioperasikan sendiri oleh dua cam.

 
Gambar contoh kuda besi yang menggunakan system DOHC.
Tipe DOHC yang memakai rocker arm alasannya untuk mempermudah pnyetelan kelonggaran klep dan merubah langkah buka klep. Tipe ini perawatannya rumit biaya pembuatannya tinggi dan mesin lebih berat. Biasanya dipakai pada mesin-mesin sport kecepatan tinggi, misalnya yang sering kita jumpai pabrigan SUZUKI yang mengeluarkan produk roda duanya Satria FU 150cc ini memakai system DOHC.
Terimakasih semoga bermanfaat!
Sumber : BSE Teknik Sepeda Motor..

0 komentar:

Posting Komentar

TShirt Racing Merch


Ready Stock TS Racing Merch
IDR 85rb + free sticker
cp : 085786555916 | 085647524982 | pin
Keep Your Order
Nama :
Alamat :
size :

Eko Chodok Drag Bike Pekalongan Bebek 4T TU 130cc

Vidio Big Match BST vs Abakura

Posisi Start Mio Nano-nano (ART Jakarta) VS Ninja Baitech (Jogja)

"BST" Gagabz VS "ALL" Vp Mbotet

Info Balap Liar Solo. Diberdayakan oleh Blogger.